Membahas pendidikan tidak akan pernah selesai selama manusia masih hidup dan berpenghidupan sosial sebab pendidikan merupakan bagian tak terpisahkan dari
Dalam buku ini Sosiologi Pendidikan didefinisikan sebagai anasilis sosiologi terhadap praksis pendidikan. Penguasaan teori dan konsep sosiologi yang kuat merupakan
STANDAR KOMPETENSI DAN SERTIFIKASI GURU Bangkitlah, bangkitlah guruku // Kehadiranmu tidak tergantikan. Biarlah dunia ini menjadi saksi: Kau bukan guru
Dakwah Islamiah merupakan suatu konsepsi lengkap yang mencakup segala macam cara dan teknik serta ilmu pengetahuan dalam rangka menyampaikan, menerangkan,
Salah satu fungsi utama pendidikan tinggi adalah sebagai sumber inspirasi dan inovasi dalam membuat kebijakan dan manajemen. Dalam kerangka peningkatan
Buku ini sengaja disusun untuk membantu para pendidik agar mampu mengelola pembelajaran bermutu. Sajiannya diawali dengan konsep strategi mengelola pembelajaran
Tuntutan terhadap penulisan artikel di jurnal ilmiah akreditasi (nasional) maupun terindeks bereputasi global (internasional) semakin meningkat. Tuntutan tersebut bahkan menjadi
Pengajar tugasnya adalah menyelenggarakan proses pembelajaran. Pembelajaran itu terselenggara dengan efektif bila sejak awal dirancang dengan baik, dengan menyinergikan berbagai
Mengapa pendidikan usia dini (PAUD) berkembang pesat dan mendapatkan perhatian yang luar biasa? Jawabannya sederhana yaitu mempersiapkan sumber daya manusia
Buku ini yang berjudul “Studi Pemikiran Pendidikan Islam Kontemporer”, lahir atas semangat penulis untuk memberikan sumbangsih terhadap kemajuan, perbaikan dan
Mengingat urgensi pendidikan bagi anak usia dini, pemerintah mulai memberikan perhatian serius terhadap hal ini. Perhatian dan pendekatan taktis tentunya
Supervisi berbasis sekolah bertujuan untuk memenuhi kebutuhan peningkatan/pengembangan pengetahuan praktik profesi dalam pelaksanaan pembelajaran. Cara pandang pengembangan profesi guru seperti
Banyaknya kritik pada bidang layanan kepengawasan menggambarkan bahwa supervisi pendidikan dianggap belum mampu memberikan dampak positif terhadap mutu dan proses
Pada perinsipnya, manajemen adalah kaidah yang menetapkan pentingnya menyiapkan tempat untuk segala sesuatu dan menetapkan segala sesuatu pada tempatnya. Di
Buku ini berisi kajian mengenai pendekatan keterampilan berpikir sebagai kegiatan yang terorganisasi untuk mengidentifikasi proses mental peserta didik atau peserta
Manakala ketidakberhasilan dalam pencapaian tujuan, maka dikesankan pembelajaran didominasi oleh aspek kognitif. Banyak orang yang menuding “kognitif sebagai penyebab. Oleh
Bagian penting dari tujuan pendidikan nasional adalah mewujudkan manusia yang berakhlak dan bermoral. Berbicara moral tanpa tasawuf adalah omong kosong,