Pengadaan Buku

PERPUSTAKAAN DESA

Terhitung sejak tahun 2016, sebagai Distributor Buku yang berpusat di Kota Pendidikan D.I. Yogyakarta, kami mulai aktif mendistribusikan buku-buku kepada Perpustakaan-Perpustakaan Desa di seluruh pelosok Indonesia. Kami tidak menghitung secara pasti jumlahnya, dalam hitungan kami, lebih dari 3.000 Perpustakaan Desa yang telah memperoleh distribusi buku dari kami. Melalui usaha Distributor Buku yang kami geluti, kami berupaya memposisikan diri sebagai mitra terbaik bagi Perpustakaan Desa. Tak hanya sekedar menjual buku belaka, secara moral kami juga merasa ikut bertanggungjawab atas keberlangsungan Perpustakaan Desa. Salah satu tujuan dan harapan kami, jangan sampai nantinya buku-buku yang telah diadakan dengan susah payah hanya akan menjadi tumpukan yang tidak terurus dan tidak dibaca warga masyarakat.

Berangkat dari maksud dan tujuan tersebut di atas, maka kami berikhtiar untuk melakukan hal-hal berikut bagi mitra Perpustakaan Desa kami:

A. Membantu memudahkan Perpustakaan Desa dalam Melaksanakan Pengadaan Bahan Bacaan

Kita semua tahu bahwa pusat produksi buku saat ini ada di Pulau Jawa, itupun hanya ada di beberapa kota besar saja, salah satunya yang menjadi pusat buku adalah Kota Yogyakarta. Terkenal dengan julukan Kota Pelajar, kualitas literasi di Kota Yogyakarta sudah tidak diragukan lagi.

Keberadaan pusat buku baik produksi maupun distribusi yang tidak merata selama ini sangat menyulitkan bagi daerah untuk melakukan pembelian buku. Adanya toko-toko buku di kota/provinsi terkadang belum dapat memenuhi koleksi yang diinginkan akibat keterbatasan rak yang tersedia di toko. Jika melakukan transaksi langsung dengan penerbit, maka akan sedikit merepotkan karena mesti mengetuk banyak pintu lantaran satu penerbit saja tentu tidak akan bisa mencukupi kebutuhan literasi yang beragam.

Melalui usaha Distributor Buku yang kami miliki, kami berupaya memudahkan Perpustakaan Desa untuk melakukan transaksi satu pintu saja, namun juga memperoleh bahan bacaan lengkap dari banyak publisher atau penerbit buku. Dengan jaringan dan pengalaman distribusi kami juga, kami pastikan buku akan sampai ke Perpustakaan Desa dengan sangat aman.

B. Membantu Memilihkan Buku-buku yang Layak, Berkualitas dan Benar-Benar Dibutuhkan oleh Masyarakat Desa

Selama kurang lebih 9 tahun perjalanan kami menjadi Distributor Buku, kami telah bekerjasama dengan banyak penerbit yang ada. Hal itu disebabkan karena banyaknya permintaan jenis buku dari perpustakaan-perpustakaan relasi kami, baik Perpustakaan Sekolah, Perguruan Tinggi, Perpustakaan Desa, Perpustakaan Umum Daerah maupun Perpustakaan Khusus milik swasta maupun pemerintah. Ada ribuan judul buku yang dapat kami sediakan. Khusus untuk Perpustakaan Desa, kami sengaja menyusun, memilih dan memilih judul-judul yang memang diperlukan untuk Perpustakaan Desa.

Meskipun status Perpustakaan Desa adalah perpustakaan umum yang mesti memiliki koleksi buku dengan jenis buku yang beragam, namun tak semua buku cocok dikoleksi oleh Perpustakaan Desa yang merupakan perpustakaan basis. Koleksi Perpustakaan Desa mesti disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan literasi masyarakat desa. Berangkat dari interaksi kami dengan Perpustakaan Desa, kami telah Menyusun kategori dan jenis buku dengan beragam topik penting, di antaranya adalah :

1. Administrasi, Manajemen dan Tata Kelola Pemerintahan
2. Akuntansi, Keuangan, Koperasi dan BUMDes
3. Biografi, Sejarah dan Kebudayaan
4. Bisnis, Ekonomi Kreatif dan UMKM
5. Budidaya dan Teknologi Perikanan
6. Budidaya dan Teknologi Pertanian dan Perkebunan
7. Budidaya dan Teknologi Peternakan
8. Buku Cerita dan Pengetahuan Anak
9. Buku Referebsi – Ensiklopedia
10. Buku Referensi – Kamus
11. Desain dan Arsitektur
12. Esai dan Humaniora
13. Filsafat dan Pemikiran
14. Gizi dan Kesehatan Masyarakat
15. Hobi dan Olahraga
16. Hukum dan Perundangan
17. Ilmu dan Manajemen Perpustakaan
18. Karya Sastra – Cerpen, Puisi. Novel dan Roman
19. Kesenian dan Musik
20. Keterampilan dan Kerajinan Tangan
21. Motivasi dan Pengembangan Diri
22. Parenting dan Pendidikan Keluarga
23. Pendidikan dan Pembelajaran
24. Pengembangan Pariwisata
25. Pengetahuan Agama Islam
26. Pengetahuan Bahasa dan Sastra
27. Pengetahuan Umum
28. Tata Boga dan Kuliner
29. Teknik dan Teknologi Terapan

Dari segi kualitas pun sangat kami perhatikan baik kualitas fisik maupun konten. Kami hadirkan buku-buku dengan tahun terbit terbaru agar materi-materi yang terdapat dalam buku tersebut terasa segar dan update terhadap perkembangan zaman.

Informasi Lebih lengkap mengenai pengadaan buku perpustakaan desa bisa anda liaha di web http://perpustakaandesa.com dan http://perpustakaandesa.id