Tujuan Promosi Perpustakaan
Apabila perpustakaan ingin menjangkau banyak pengunjung, maka diperlukan promosi agar banyak orang yang tertarik untuk berkunjung ke perpustakaan. Secara khusus, promosi perpustakaan bertujuan sebagai berikut:
- Menginformasikan (informing)
- Menginformasikan kepada semua orang mengenai keberadaan perpustakaan
- Memperkenalkan cara menjadi anggota/pengunjung perpustakaan
- Menyampaikan perubahan kebijakan perpustakaan
- Menjelaskan cara kerja perpustakaan
- Menginformasikan layanan yang disediakan perpustakaan
- Meluruskan kesan yang keliru tentang perpustakaan
- Mengurangi ketidakpercayaan atau kekhawatiran pengunjung perpustakaan
- Membangun citra menarik perpustakaan
- Membujuk Sasaran Pengunjung (persuading)
- Membentuk pilihan layanan perpustakaan
- Mengalihkan pilihan layanan ke layanan tertentu atau spesial
- Mengubah persepsi pelanggan terhadap layanan perpustakaan
- Mendorong pemustaka/pengunjung untuk berkunjung saat itu juga
- Mengingatkan (Reminding)
- Mengingatkan pengunjung bahwa koleksi perpustakaan tertentu sangat penting dibaca dalam waktu dekat
- Mengingatkan pengunjung akan kebutuhan yang bisa didapatkan di perpustakaan
- Membuat pengunjung tetap ingat walaupun tidak ada kampanye iklan
- Menjaga agar pemustaka selalu teringat pada perpustakaan yang berkesan dan menarik
Strategi Promosi Perpustakaan
- Publikasi
Perpustakaan bisa mempublikasikan program dan kegiatan-kegiatannya melalui kanal-kanal media seperti radio, instagram, facebook, website, maupun selebaran brosur kertas. Publikasi perpustakaan tidak harus berbayar, tinggal dibuatkan desain publikasi semenarik mungkin. - Iklan
Iklan merupakan salah satu cara promosi yang berbayar pada media tertentu, seperti beriklan di instagram, facebook, youtube, google, dan sebagainya. - Kontak Perorangan
Promosi paling dasar adalah melalui mulut ke mulut, atau kontak perorangan. Media ini umum dilakukan terutama di wilayah pedesaan yang hubungan sosialnya masih sangat erat sekali, sehingga sebuah kabar mudah sekali tersebar. Termasuk keberadaan dan layanan perpustakaan. - Insentif
Umumnya semua orang suka dengan hal-hal yang berbau hadiah. Nah, di sinilah kesempatan bagi perpustakaan untuk promosi dengan mengadakan Lomba Kunjung Perpustakaan misalnya, atau jenis lomba lainnya yang menarik para pengunjung untuk berdatangan dan ikut serta dalam kegiatan perpustakaan. - Menciptakan Suasana dan Lingkungan Perpustakaan yang Nyaman
Setiap tempat yang memberikan kesan kenyamanan bagi para pengunjungnya, pasti akan memberikan kesan yang tak terlupakan dan membuat pengunjung tersebut ingin selalu datang berulang-ulang. Maka dari itu, perpustakaan tidak cukup hanya dengan menyediakan pajangan buku-buku, melainkan juga layanan simpan-pinjam serta tempat yang nyaman dan berkesan.