TOA

Gratis! Buku Pintar Perpustakaan untuk Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Desa, Perpustakaan Umum dan Taman Baca Masyarakat.

Budaya baca di Indonesia masih tergolong rendah. Hal itu dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh Kemendikbud pada tahun 2019, tentang Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi yang menyatakan bahwa indeks literasi nasional masuk dalam kategori aktivitas literasi rendah. Sedangkan pada indeks provinsi sebanyak 9 provinsi masuk dalam kategori sedang, 24 provinsi masuk dalam kategori rendah, dan 1 provinsi masuk dalam kategori sangat rendah. Artinya, baik secara nasional maupun provinsi tidak ada yang masuk kategori tinggi.

Sekalipun belum merata, gerakan literasi di tingkat pedesaan (perpustakaan sekolah, perpustakaan desa, dan taman baca masyarakat) saat ini sudah mulai digaungkan di Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan sudah adanya 40% desa yang memiliki perpustakaan dengan jumlah 33.929 di tahun 2020. Untuk perpustakaan sekolah di tahun 2019, terdapat 66% tingkat SD, 79% tingkat SMP, dan 85% tingkat SMA. Sementara untuk Taman Baca Masyarakat (TBM), terdapat 5393 TBM di tahun 2021. Memang angka itu patut disyukuri sebagai pertanda literasi pedesaan mulai berkembang, namun harus kita akui masih jauh dari target ideal yang diharapkan. Terlebih jika kita telisik lebih mendalam, apakah perpustakaan desa, perpustakaan sekolah dan TBM tersebut merupakan perpustakaan ideal sesuai dengan standar yang telah ditetapkan? Apakah kehadirannya sudah benar-benar mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat desa?

Berdasarkan pengamatan kami di lapangan, banyak sekali perpustakaan di wilayah pedesaan yang terbengkalai. Bahkan buku-buku yang ada, sama sekali tidak terurus dan dibiarkan diam begitu saja. Sehingga perlu bagi berbagai pihak untuk memberikan edukasi mengenai tata kelola dan pengembangan perpustakaan di wilayah pedesaan (perpustakaan sekolah, perpustakaan desa, dan taman baca masyarakat). Edukasi yang dibutuhkan meliputi kiat membangun perpustakaan di wilayah pedesaan, inovasi pengembangan perpustakaan yang berdampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat, kreatifitas dalam tata kelola dan pengembangan, dan sebagainya.

Edukasi dan penyuluhan perihal tata kelola perpustakaan di wilayah pedesaan (perpustakaan sekolah, perpustakaan desa, dan taman baca masyarakat) tidak harus berbentuk penyuluhan yang disampaikan langsung di lapangan, melainkan juga melalui buku bacaan yang bisa dijadikan pembelajaran oleh banyak kalangan dan wilayah jangkauannya pun tak terbatas. Maka dari itu, kami menerbitkan “Buku Pintar Perpustakaan” ini.

Buku ini berisi pedoman tata kelola perpustakaan umum, perpustakaan sekolah, perpustakaan desa dan taman baca masyarakat. Buku ini dilengkapi dengan terobosan program kreatif dan inovatif, serta perpustakaan/TBM berprestasi sebagai percontohan yang akan memberikan semangat dan pengetahuan baru kepada pembaca. Karena tujuan awal kami menerbitkan buku ini memang untuk dijadikan referensi dalam hal terobosan inovasi dan kreativitas baru dalam membangun dan mengembangkan budaya literasi di pedesaan.

Gratis Kami Berikan

KHUSUS BAGI ANDA PENGELOLA PERPUSTAKAAN SEKOLAH, PERPUSTAKAAN DESA, TAMAN BACA MASYARAKAT, PERPUSTAKAAN UMUM DAN LAINNYA DALAM FORMAT EBOOK/PDF HANYA DENGAN MENGISI FORMULIR DI BAWAH INI:

Mohon isi alamat email dan Nomor WA aktif anda, karena ebook akan kami kirimkan maksimal 5x24 jam setelah anda selesai mengisi formulir dengan lengkap
Diisi nama desa jika belum memiliki perpustakaan
Diisi nama email desa/pribadi jika belum memiliki perpustakaan
Pilih salah satu opsi di atas

25 thoughts on “Gratis! Buku Pintar Perpustakaan untuk Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Desa, Perpustakaan Umum dan Taman Baca Masyarakat.

  1. Dudi Rohdinulhak berkata:

    🙏🙏🙏 walau terlambat tetap berharap
    Terimakasih

  2. Nia Surya Wijayanti berkata:

    Semoga minat baca orang orang di Indonesia dapat meningkatkan, seperti minat baca orang luar negeri.

  3. Yauri berkata:

    Mari maju bersama kita dorong kegiatan literasi untuk menceedaskan genari kita kedepannya.
    Salam

  4. yansahriddin berkata:

    Semoga menumbuhkan minat baca siswa di sekolah.

  5. OKY pers berkata:

    Belom punya perpustakaan akan tetapi sehubungan dengan profesi saya sebagai wartawan sebagai kontrol sosial terhadap masyarakat dan lain lain saya haturkan diri

  6. Irmayanti berkata:

    Kami dari TBM Karlos Sinjai masih sangat butuh buku bacaan untuk anak-anak dan masyarakat

  7. Zulfiati berkata:

    Buku adalah jendela dunia ..mari membaca buku

  8. Perpustakaan SMA Negeri 1 Palangka Raya (Eka Mintarsih) berkata:

    Terima kasih sdh bs d download🙏

  9. Derius Manao berkata:

    Kami sangat berharap, berhubung kami sangat perlu untuk daerah pedalaman Nias

  10. Silka berkata:

    Kami dari perpustakaan sekolah (SD)
    Satu langkah ke perpustakaan,
    Sejuta pengetahuan

  11. Syarif berkata:

    Kami dari Taman Baca Saroja. Salam Literasi

  12. Fitri berkata:

    Semoga skolah kami dpt bantuan buku cerita Krn kami dr TK Paud🙏

  13. Nurzara berkata:

    In syaa Allah dengan wadah ini sebagai salah satu jalan untuk mencerdaskan anak bangsa.
    Salam literasi…

    Hormat kami,
    Rumah Baca Maleo

  14. mantap semoga berkah
    salam literasi

  15. ILHAM MAULANA berkata:

    Semoga diberikan ilmu yang bermanfaat untuk tumbuh kembang generasi sehat masa depan dan mengetahui informasi dari buku yang mereka baca

    1. Chusnul Kurniasih berkata:

      Berawal dari kekhawatiran kami akan anak2 yg kecanduan gadget, ketergantungan gadget yg tidak manfaat, serta makin minimnya minat baca anak saat ini, maka kami mendirikan taman baca, yang walaupun masih sangat terbatas jumlah buku, semoga bisa sedikit menggeser perhatian mereka dari bermain gadget kepada buku2. Semoga taman baca yg kami dirikan bisa semakin menumbuhkaninat baca, khususnya anak2. Kami masih menerima donasi buku2 bagi yg bersedia berdonasi. Terimakasih.

  16. Dyah Eliya Maharani berkata:

    Siip lebih banyak koleksi

  17. Erna Susanti,S.I.Pust berkata:

    Pustakawan sejati tidak boleh cepat merasa puas,kita harus tetap belajar dan belajar untuk meningkatkan mutu perpustakaan.salam literasi tiada henti

  18. Ayy berkata:

    Mari kita tingkatkan budaya literasi anak bangsa….

  19. Purkon berkata:

    Alhamdulillah..
    Mudah mudahan kami bisa dapat menerima bantuan Buku perpustakaan..
    Karna perpustakaan kami masih jauh dari kelayakan..

  20. GGS Cerdas berkata:

    Saya tidak punya perpustakaan . Tapi ingin punya perpustakaa

  21. ujang saripudin berkata:

    Salam literasi

  22. Ayu Tia Aswati berkata:

    Saya ada TBM satu di tempat tinggal baru saya dengan suami, tapi saya juga ingin membangun TBM di desa asal saya, karena disana belum ada perpustakaan umum atau desa, semoga bisa mendapatkan petunjuk dari buku yg diberikan cv. tirtabuanamedia, semoga cv nya semakin sukses, dan dapat memberikan manfaat lebih banyak bagi masyarakat luas.

  23. Mira Wijayanti berkata:

    Salam literasi
    Semoga bisa Terealisasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan siswa di sekolah dan yg paling utama adalah saya pribadi dan anak-anak saya

  24. Mustafa berkata:

    Buku-buku untuk kemanusiaan, mari sama-sama berjuang untuk meningkatkan literasi ini, terkhusus di negara Indonesia bagian timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *