TOA

Silda Impika Got Talent (SIGT); Dicari 100 Penulis Muda Berbakat untuk Kolaborasi Menulis Buku!

Silda Impika Got Talent (SIGT); Dicari 100 Penulis Muda Berbakat untuk Kolaborasi Menulis Buku!

Melalui program yang bertajuk Silda Impika Got Talent (SIGT), Penerbit Silda Impika mencari 100 Penulis muda berbakat untuk menulis buku kolaborasi maupun sigle dengan tema-tema sebagai berikut:

BUKU 1: MENTAL HEALTH

Ada banyak sekali jenis-jenis gangguan mental yang sering kita lihat di sekitar kita. Dalam salah satu sumber menyebutkan ada ratusan jenis gangguan mental. Bebrapa yang paling sering kita temui adalah: Gangguan kecemasan, Gangguan mood, Gangguan psikotik, Skizofrenia, Gangguan makan, Gangguan kecanduan, Gangguan kepribadian, Obsessive – compulsive disorder (OCD), Gangguan stres pascatrauma / Post-traumatic stress disorder (PTSD), Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), Depresi, Factitious dan lain sebagainya.

Ketentuan Umum:
  • Buku akan ditulis oleh 15 sampai dengan 20 penulis
  • Buku ditulis dalam bentuk kisah atau cerita
  • Target Penulis dan Pembaca adalah remaja usia 18 sd 27 tahun
Isi Buku:

Dalam buku ini, kamu dapat menceritakan sebuah kisah dari salah satu gangguan mental yang pernah kamu alami atau yang orang terdekat kamu alami. Kamu dapat menceritakan tentang awal mula terjadinya gangguan mental tersebut, gejala-gejala yang dihadapi, pengaruh dalam kehidupan sehari-hari, efek yang dirasakan orang sekitarmu serta bagaimana cara untuk menaklukkan gangguan mental tersebut.

BUKU 2: PARENTING

Bagi kebanyakan orang, memiliki momongan adalah suatu yang menyenangkan. Namun tidak bagi sebagian yang lain. Tak sedikit mama-mama muda merasa takut menghadapi masa kehamilan bahkan juga saat si buah hati lahir ke dunia. Proses kehamilan yang melelahkan dan juga ketakutan dalam mengasuh anak pasca kelahihan, membuat sebagian mama-mama muda menunda untuk memiliki momongan bahkan yang lebih ekstrim enggan memiliki anak.

Ketentuan Umum:
  • Buku akan ditulis oleh 15 sampai dengan 20 penulis
  • Buku ditulis dalam bentuk kisahatau cerita
  • Target Penulis dan Pembaca adalah mama muda usia 21 sd 30 tahun
Isi Buku:

Dalam buku ini, kami mengundang kepada mama-mama muda untuk berkisah tentang suka duka pada saat pertama kali mengetahui tentang kehamilan, proses kehamilan hingga melahirkan, proses membesarkan dan mendidik anak hingga menjelang masuk ke sekolah.

Cerita yang dihadirkan tidaklah harus runtut, mama-mama bisa saja mengambil sebagian dari peristiwa yang menurut mama-mama perlu dibagikan ke pembaca untuk berbagi pengalaman.

BUKU 3: MOTIVASI ISLAMI

Bukan hidup namanya jika tidak terdapat lika-liku dalam setiap tapakan. Tantangan, hambatan dan rintangan akan selalu silih berganti menghampiri. Kala hal tersebut sedang menghalangi langkah kita, terkadang membuat kita merasa menjadi orang yang benar-benar paling menderita di dunia. Lelah bahkan putus asa seringkali menjangkiti fikiran dan hati kita terutama saat mengejar sesuatu yang ingin kita raih.

Dari sekian banyak rintangan yang kita hadapi, pasti ada salah satu yang dapat kita taklukkan dan menjadikan kita sebagai the winner. Modal untuk menjadi sang pemenang tidak luput berasal dari motivasi yang kuat yang lahir dari dalam diri kita. Untuk membangkitkan motivasi tersebut, seringkali berasal dari pemahaman kita terhadap ajaran agama islam yang kita peluk (motivasi Islami).

Ketentuan Umum:
  • Buku akan ditulis oleh 15 sampai dengan 20 penulis
  • Buku ditulis dalam bentuk kisah atau cerita
  • Target Penulis dan Pembaca adalah remaja usia 18 sd 27 tahun
Isi Buku:

Dalam buku ini kamu dapat menceritakaan bagaimana ajaran islam mampu menjadi api penyemangatmu dalam meraih apa yang kamu cita-citakan dengan segala rintangannya. Kamu dapat memulai kisah menarikmu dengan menceritakan asa yang ingin kamu raih, bagaimana cara kamu meraihnya, rintangan-rintangan apa yang menghalangi serta spirit islami apa yang kamu gunakan untuk menaklukkan segala batu sandungan sehingga kamu mampu mewujudkan asa tersebut.

BUKU 4: SELF IMPROVEMENT

Tidak sedikit mahasiswa tingkat akhir yang merasa galau akan masa depannya. Banyak pilihan yang harus mereka pilih yang berkaitan dengan karir dan kehidupan setelah lulus kuliah. Apakah akan memutuskan bekerja di corporate, lanjut pendidikan, ataukah mengambil jalan menjadi wirausaha. Bahkan diantara mereka juga belum tau apa yang akan mereka pilih setelah mereka menyelesaikan proses perkuliahan.

Ketentuan Umum:
  • Buku akan ditulis oleh 15 sampai dengan 20 penulis
  • Buku ditulis dalam bentuk kisahatau cerita
  • Target Penulis dan Pembaca adalah remaja usia 18 sd 27 tahun
Isi Buku:

Dalam buku yang akan disusun ini, kamu bisa menceritakan pengalaman kamu saat menjadi mahasiswa akhir hingga akhirnya kamu memilih dan mendapatkan apa yang kamu inginkan. Kamu bisa menceritakan bagaimana proses yang harus kamu lalui dan pelajaran hidup apa saja yang kamu dapatkan. Dimana hal tersebut perlu dibagikan ke pembaca untuk berbagi pengalaman dan pandangan kehidupan setelah mereka menyelesaikan proses perkuliahan.

BUKU 5: CERPEN (FIKSI)

Ketentuan Umum:
  • Buku akan ditulis oleh 15 sampai dengan 20 penulis
  • Merupakan karangan fiktif atau rekaan
  • Tema cerpen adalah kritik sosial
  • Boleh memasukkan unsur romansa namun tidak dibalut dalam bingkai erotis (pornografi)
  • Target Penulis dan Pembaca adalah rentang usia 18 sd 27 tahun
Ketentuan Naskah
  • Naskah merupakan karya orisinal
  • Naskah belum pernah dipublikasikan dalam bentuk buku atau di media baik cetak maupun online
  • Naskah sedang tidak dalam masa peninjauan dari penerbit atau media cetak maupun online untuk diterbitkan atau dipublish.
  • Naskah tidak memuat unsur SARA dan SARU serta tidak menyinggung pihak-pihak tertentu.

Keuntungan yang didapatkan oleh Penulis

Gratis, Tidak Ada Biaya Apapun

Peserta sama sekali tidak dibebankan biaya apapun baik biaya pendaftaran ataupun biaya cetak buku

Buku akan Diterbitkan Ber-ISBN

Buku akan diterbitkan ber-ISBN yang terdaftar di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI)

Diskon Khusus Distributor

Jika penulis ingin ikut serta menjual buku ke kerabat terdekat atau umu, maka akan mendapat diskon khusus distributor hingga 50%

Naskah Pasti Publish

Penulis yang telah mengirim naskah namun belum dapat diterbitkan, akan dipublish di website portal paradeshi.co.id dan berkesempatan untuk diterbitkan di kemudian hari.

Komunitas Penulis

Melalui Komunitas Penulis yang akan dibangun, penulis dapat berinteraksi dengan para penulis lain guna bertukar ilmu dan pengalaman

Sekolah Kepenulisan

Setelah buku diterbitkan, penulis akan berkesempatan mengikuti program sekolah kepenulisan yang akan diadakan tanpa biaya pendaftaran (GRATIS)

Syarat dan Ketentuan

Kamu bebas menggunakan gaya penulisan apa saja sesuai dengan gayamu, dengan catatan pembaca dapat benar-benar menikmati kisah atau cerita yang kamu sajikan. Untuk alur cerita juga bebas. Kamu dapat menggunakan alur maju, alur mundur, alur campuran, alur sorot balik, alur klimaks, alur anti-klimaks ataupun alur kronologis

  1. Naskah ditulis minimal 5 dan maksimal 15 halaman A4.
  2. Naskah yang dikirim dalam format word (bukan pdf atau lainnya).
  3. Naskah diketik dengan margin kiri, atas, kanan, bawah masing-masing adalah: 4,3,3,3 dengan ukuran font 12, jenis font Arial Narrow, spasi 1.5, justify
  1. Penulis menulis biografi atau biodata diri dalam bentuk paragraf, dengan maksimal 3 paragraf.
  2. Memuat nama lengkap, nama pena atau alias (jika ada), tempat tanggal lahir, Pendidikan (bisa hanya Pendidikan terakhir), aktivitas sehari-hari atau pekerjaan yang digeluti, prestasi akademik atau non akademik yang pernah diraih (jika ada), karya tulis yang
  3. pernah dipublikasikan.
  4. Penulis juga mencantumkan kontak yang bisa dihubungi seperti WA, Instagram, Facebook, X, atau Tiktok
  5. Dituliskan dalam bentuk cerita yang enak dibaca
  6. Biografi penulis melampirkan foto terbaik penulis (pose bebas dengan wajah yang jelas)
  1. Surat Pernyataan Orisinalitas Karya diprint dan ditandatangani selanjutnya discan dan dikirim dalam format pdf.
  2. Seluruh Calon peserta wajib membaca dan memahami seluruh panduan serta mematuhi segala ketentuan dan persyaratan yang berlaku.
  3. Calon Peserta juga wajib follow akun Instagram @sildaimpika, @paradeshi.co.id dan @tirtabuanamedia, Bukti screenshot dilampirkan saat pendaftaran via WA panitia maksimal 3 hari setelah mengisi formulir.
  4. Calon Peserta wajib tag minimal 5 teman di kolom komentar pada postingan pengumuman di instagram @sildaimpika. Bukti screenshot dilampirkan saat pendaftaran via WA panitia maksimal 3 hari setelah mengisi formulir.
  5. Calon Peserta yang mendaftar wajib mengunggah kembali atau repost poster pengumuman di Instagram masing-masing sekaligus tag ig @sildaimpika, @paradeshi.co.id dan @tirtabuanamedia. Bukti screenshot dilampirkan saat pendaftaran via WA panitia maksimal 2 hari setelah mengisi formulir.
  6. Calon peserta mengirimkan poster lomba ke minimal 3 grup WhatsApp/10 teman WA/Grup Facebook yang dimiliki. Bukti screenshot dilampirkan saat pendaftaran via WA panitia maksimal 3 hari setelah mengisi formulir.
  7. Seluruh Calon peserta melakukan pendaftaran via Formulir Online di link yang terdapat di akhir postingan ini.
  8. Calon peserta yang sudah mengisi formulir pendaftaran akan ditetapkan sebagai peserta maksimal 3x 24 jam setelah mengisi formulir.
  9. Calon peserta akan ditetapkan sebagai peserta apabila telah melengkapi segala persyaratan yang telah dijabarkan di atas.
  10. Calon Peserta yang sudah ditetapkan menjadi peserta akan diundang dalam group WA.
  1. Jika calon peserta sudah ditetapkan sebagai peserta yang telah memenuhi tahapan di atas, maka peserta tinggal mengirimkan karyanya sesuai dengan timeline yang telah ditetapkan.
  2. Sebelum mengumpulkan karya, seluruh peserta wajib memahami ketentuan umum dan ketentuan yang telah tertulis di atas
  3. Seluruh informasi dan pengumuman resmi lebih lanjut akan disampaikan melalui Grup WA dan instagram @sildaimpika

Pendaftaran calon peserta Peserta dan penetapan Peserta
25 November 2023 – 17 Desember 2023

Pengiriman Naskah
18 Desember 2023 – 7 Januari 2024

Seleksi Naskah
8 Januari 2024 – 18 Januari 2024

Pengumuman Naskah Lolos seleksi
19 Januari 2024

Revisi Naskah
20 Januari 2024 – 31 Januari 2024

Proses Editing. Penyuntingan dan Layout
1 Februari 2024 – 29 Februari 2024

Proses Pengajuan ISBN
1 Maret 2024 – 10 Maret 2024

Proses Cetak Buku
11 Maret 2024 – 31 Maret 2024

Peluncuran Buku
1 April 2024

KUOTA TERBATAS!

Segera daftarkan diri anda dengan melengkapi persyaratan pendaftaran sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya

Boleh memilih lebih dari 1 tema
Opsional (boleh pilih atau tidak) juga diperkenankan memilih lebih dari 1 tema
Bukti screenshot persyaratan dikirim ke WA admin (082211904656) atau Klik Link di Bawah ini

12 thoughts on “Silda Impika Got Talent (SIGT); Dicari 100 Penulis Muda Berbakat untuk Kolaborasi Menulis Buku!

  1. Siti Maryam K. Supu berkata:

    Excited!

  2. Siti Maryam K. Supu berkata:

    Excited banget!

  3. exited bangettt dengan adanya ini

    1. winaaudinaa berkata:

      Excited banget❤️

  4. Ayla devira berkata:

    i’m soooo exited karena ada ini, ayooo berkarya bareng bareng😵🌟💥💯

  5. Titeue keumala sari berkata:

    Saya mau ikutan

  6. Jauzah Husaini berkata:

    Excited bangett

  7. Stannsel berkata:

    Bismillah mudah mudahan d lancar kan, deg degan karena pertama kali ikutan kolaborasi menulis

  8. Stannsel berkata:

    Lahaula wala quwwata Illa Billah

  9. Ade kurnia berkata:

    Bismillaah pasti bisa

  10. Rizqi Salsabila berkata:

    Menarik!

  11. lennie berkata:

    semoga Allah mudahkan , pengalaman baru buat saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *