TOA

Lomba Menulis Kisah Pejuang Literasi Nasional Berhadiah Voucher Belanja Buku Jutaan Rupiah

Salam Literasi !.

Budaya baca tulis di Indonesia masih tergolong rendah. Hal itu dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh Kemendikbud pada tahun 2019, tentang Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi yang menyatakan bahwa Indeks literasi nasional masuk dalam kategori aktivitas literasi rendah, sedangkan pada indeks provinsi sebanyak 9 provinsi masuk dalam kategori sedang, 24 provinsi masuk dalam kategori rendah, dan 1 provinsi masuk dalam kategori sangat rendah. Artinya, baik secara nasional maupun provinsi tidak ada yang masuk kategori tinggi.

Menyambut hal di atas, belakangan ini banyak sekali bermunculan gerakan literasi, terutama yang digerakkan oleh individu atau perorangan. Mereka berjuang dengan sukarela demi terjangkaunya literasi di tengah-tengah masyarakat, bahkan tidak sedikit dari mereka yang rela mengeluarkan uang pribadi untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Karena itu, banyak pula bermunculan perpustakaan, taman baca, dan sejenisnya yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Melihat geliat literasi yang ada, Tirta Buana Media merasa tergerak untuk ikut serta berkontribusi dengan cara memberikan edukasi dan wahana untuk mengangkat gerakan literasi tersebut ke permukaan, dengan harapan literasi di Indonesia semakin ramai, tersebar luas, dan berkembang. Salah satunya, pada bulan Agustus lalu, Tirta Buana Media mengadakan Lomba Menulis Kisah Inspiratif Perpustakaan Desa yang diikuti oleh Perpustakaan Desa atau Taman Baca Masyarakat di seluruh Indonesia. Hasilnya, banyak Perpustakaan Desa atau Taman Baca Masyarakat yang terangkat ke permukaan dan bahkan dapat dijadikan contoh sebagai motivasi atau pembelajaran bagi Perpustakaan Desa atau Taman Baca Masyarakat lainnya.

Sebagai kelanjutan dari event lomba sebelumnya yaitu Lomba Menulis Kisah Inspiratif Perpustakaan Desa Nasional 2020 (Alhamdulillah telah melahirkan karya buku bersama berjudul Dari Desa Membangun Bangsa; Antologi Kisah Inspiratif Perpustakaan Desa) , kali ini Tirta Buana Media berinisiatif mengadakan Lomba Menulis Kisah Pejuang Literasi Tingkat Nasional. Lomba ini bertujuan untuk mengangkat para pejuang atau penggerak literasi di segala jenis perpustakaan (Perpustakaan Desa, Taman Baca Masyarakat, Perpustakaan Sekolah, Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah/Swasta, dan sebagainya) di seluruh Indonesia. Sehingga tidak hanya memperkenalkan perpustakaan/taman baca, pegiat/pejuang/penggerak/pengelola pun ikut serta diangkat dan mampu dijadikan contoh bagi banyak orang yang terjun dalam dunia literasi di Indonesia tercinta ini.

Demi terselenggaranya Lomba Menulis Kisah Pejuang Literasi Tingkat Nasional tersebut dengan baik dan tepat sasaran, maka kami susun Buku Panduan Lomba yang berisi :

  1. Profil Penyelenggara
  2. Daftar Isi
  3. Latar Belakang Lomba
  4. Nama Lomba
  5. Penyelenggara Lomba
  6. Tujuan Lomba
  7. Sasaran
  8. Syarat dan Ketentuan Umum Lomba
  9. Syarat dan Ketentuan Khusus Lomba
  10. Mekanisme Pendaftaran
  11. Timeline Lomba
  12. Keuntungan Mengikuti Lomba
  13. Hadiah Pemenang
  14. Narahubung dan Media Sosial
  15. Lampiran-lampiran (Surat Pernyataan Orisinalitas, Surat Pernyataan Persetujuan Tokoh Kisah dan Surat Delegasi

Buku Panduan Lomba Menulis Kisah Pejuang Literasi Tingkat Nasioal tersebut dapat anda unduh di link berikut :

Unduh Buku Panduan Lomba Menulis

Jika ada masalah saat pengunduhan berkas, jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi kami

Jangan ragu untuk bertanya kepada kami seputar informasi terkait dengan  lomba yang kami adakan. Segala informasi terbaru yang berhubungan dengan pelaksanaan lomba, akan terus kami update melalui situs ini dan berbagai media sosial kami.

Jangam lupa untuk meninggalkan komentar serta membagikan informasi ini kepada rekan sesama pegiat literasi. Kami akan sangat berterima kasih serta memberikan kesempatan untuk mendapatkan potongan belanja sebesar 45% di Toko Buku Online ini. info lebih lanjut silakan lihat di tautan berikut :

Belanja Buku Diskon 45%, Tanpa Minimum Pembelian

Terima kasih atas partisipasinya. Salam Literasi !

Related Posts

15 thoughts on “Lomba Menulis Kisah Pejuang Literasi Nasional Berhadiah Voucher Belanja Buku Jutaan Rupiah

  1. Fera berkata:

    Good ,,sering2 ngadain event spt ini ,,, fokuskan oada generasi muda biar mrk.lbh cinta membaca drpd main medsos

    1. Tirta Buana Media berkata:

      Terima kasih untuk apresiasi dan dukungannya kak, Alhamdulillah ini event yang kedua, InsyaAllah ada event lomba menulis lagi yang sudah kami siapkan dan akan kami adakan setelah event ini, mohon terus dukungannya dan bantu untuk publikasi event kami kak, terima kasih

  2. Sri Mulyo (pendiri Rumah Baca Sahabat Pena) berkata:

    Kami dari Rumah Baca Sahabat Pena sangat mengapresi dengan event ini, semoga bermanfaat dan semakin membangkitkan semangat pengiat literasi, salam sukses buat tirtabuana media, salam literasi

    1. Tirta Buana Media berkata:

      Terima kasih Rumah Baca Sahabat Pena atas apresiasi dan dukungannya. Kami tunggu partisipasinya dalam event Lomba Menulis Kisah Pejuang Literasi yang kami adakan. Sukses selalu. Salam Literasi !

  3. Hamfara Library berkata:

    Salut akan gebrakan Tirta buana media. Selalu menjadi penyemangat bagi kami para penggiat literasi desa di pelosok Nusantara. Sukses selalu.

    1. Tirta Buana Media berkata:

      Terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh TBM Hamfara Library selama ini. Semoga kita selalu terus bersemangat dan konsisten menebarkan virus literasi ke seluruh pelosok Nusantara kita tercinta. Aamiin…Salam literasi!

  4. Adi Wahyudin berkata:

    Alhamdulillah, semoga Taman Baca Mumtaza Garut bisa ikut berpartisipasi. Bentuk perhatian seperti ini sangatlah berharga bagi kami. Teramat berharga, hingga tak bisa terungkap dengan kata. Betapa tidak? Melulu menyuguhkan buku, sedangkan banyak orang lebih memilih gadget. Duh.. 😅

    1. Tirta Buana Media berkata:

      Salam kenal dari kami, kami sangat berharap Taman Baca Mumtaza Garut bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan lomba ini agar dapat saling berbagi dalam menyemarakkan geliat literasi. Kehadiran Gadget seperti 2 bilah mata belati. Satu sisi membawa manfaat kemajuan teknologi satu sisi memiliki dampak buruk khususnya bagi anak-anak jika tidak cermat menyikapi. Tugas kita bagaimana mengarahkan agar mereka (anak-anak) dapat memanfaatkan gadget dengan baik dan benar. Bisa jadi dengan menghadirkan perpustakaan yang menyenangkan di tengah-tengah masyarakat dapat mengalihkan ketergantungan anak-anak terhadap gadget. Tidak mudah memang, namun jika kita tidak lelah untuk terus berjuang, insyaAllah pasti akan menuai hasil. Salam Literasi !

  5. EMMA HERMAWATI berkata:

    Sangat bagus sekali…..mudah”an dengan adanya lomba ini akan termotivasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat……kami di Purwakarta berjuang terus untuk menumbuh kembangkan Taman Baca Masyarakat dan sudut baca baik di Instansi, Desa/Kelurahan, sekolah-sekolah, majelis ta’lim, pontren, mesjid dan masyarakat Purwakarta…. Alhamdulillah sekarang sudah lumayan yang akan membuat sudut baca….tinggal kami berjuang untyk pengadaan buku yangblebih banyak…..

    1. Tirta Buana Media berkata:

      Luarr Biasa sekali atas segala upaya dan jerih payah Bu Emma dan kawan2 demi kemajuan literasi. Kami berharap Ibu dan kawan2 berkenan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan lomba yang kami adakan, sehingga nantinya dapat menambah motivasi dan menjadi inspirasi bagi perjuangan literasi kawan2 yang lain. Salam Literasi !

  6. zahra lathifah ritonga berkata:

    bagus ni perlombaaannya khususnya buat anak muda

    1. Tirta Buana Media berkata:

      Terima kasih kak atas apresiasinya. Yuk, ikut meramaikan. Salam literasi !

  7. Saya senang daftar di sini

    1. Tirta Buana Media berkata:

      Terima kasih kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *